Strategi pemasaran yang efektif akan membantu Anda menentukan arah dan sasaran keseluruhan untuk pemasaran Anda.

Strategi Anda harus mengartikulasikan bagaimana Anda akan memberikan produk atau layanan Anda dengan cara yang akan memuaskan pelanggan Anda.

Setelah menetapkan pelanggan atau target pasar, Anda harus mulai mengembangkan dan menerapkan taktik atau cara untuk menjangkau mereka. Bauran pemasaran akan membentuk elemen taktis yang akan Anda gunakan untuk melaksanakan strategi Anda dan mencapai target pasar Anda.

Taktik Bauran Pemasaran

Gunakan rencana pemasaran Anda untuk mengidentifikasi langkah-langkah tindakan taktis – yang akan mengubah strategi Busana Muslim Anda menjadi kenyataan. Tujuh taktik yang tercantum di bawah ini:

1. Produk atau Layanan Anda

  • Produk atau layanan apa yang akan Anda tawarkan?
  • Diskusikan branding, pengemasan (jika berlaku), dan produk atau pengembangan yang sedang berlangsung.
  • Pertimbangkan fitur dan manfaat yang Anda tawarkan.
  • Pertimbangkan nilai jual unik Anda. Apa yang membuat produk / layanan Anda berbeda dari orang lain?
  • Pertimbangkan produk atau layanan spin-off potensial apa yang mungkin.

2. Harga Produk atau Layanan Anda

  • Harga adalah bagian penting dari bauran pemasaran Anda.
  • Memilih harga yang tepat untuk produk atau layanan Anda akan membantu memaksimalkan keuntungan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan Anda.
  • Dengan penetapan harga yang efektif, Anda juga akan menghindari konsekuensi keuangan serius yang dapat terjadi jika harga Anda terlalu rendah (tidak cukup untung), atau terlalu tinggi (tidak cukup penjualan).

3. Posisi Anda (tempat) di Pasar

  • Baik itu toko ritel, toko online, atau di media sosial, ‘tempat’ mengacu pada saluran dan lokasi untuk mendistribusikan produk Anda, informasi terkait, dan layanan dukungan.
  • Ini adalah bagaimana Anda akan memposisikan produk Anda di pasar – ini adalah lokasi di mana produk dapat dibeli.
  • Sering disebut sebagai saluran distribusi, ini dapat mencakup toko fisik apa pun (mis. Supermarket) serta toko virtual online (mis. EBay).
  • Berada di lokasi yang tepat dapat menjadi faktor penentu apakah pelanggan membeli dari Anda atau tidak.
  • Untuk mengetahui dari mana pelanggan ideal Anda membeli, ada baiknya melakukan riset pasar.

4. Promosi Produk atau Layanan Anda

  • Bagaimana Anda mempromosikan dan memasarkan bisnis Anda sekarang (atau berniat)?
  • Terlepas dari seberapa baik bisnis Anda, jika Anda tidak mempromosikannya dan memberi tahu orang-orang bahwa Anda ada, kecil kemungkinan Anda akan menghasilkan banyak penjualan.
  • Promosi adalah tentang menarik orang yang tepat untuk menggunakan dan menggunakan kembali bisnis Anda.
  • Ada sejumlah teknik untuk digunakan dan mereka dapat digabungkan dalam berbagai cara untuk menciptakan strategi yang paling hemat biaya untuk kebutuhan Anda, termasuk online, branding, hubungan masyarakat, dan periklanan.

5. Orang-orang Dalam bisnis Anda

  • Orang-orang yang Anda pekerjakan dalam bisnis Anda dapat memengaruhi pemasaran produk dan layanan Anda.
  • Staf yang berpengetahuan dan ramah dapat berkontribusi untuk menciptakan pelanggan yang puas dan dapat memberikan pengalaman penjualan unik yang sering dicari organisasi.
  • Jika tim yang luar biasa memberikan keunggulan kompetitif, maka kualitas rekrutmen dan pelatihan menjadi penting untuk mencapai tujuan pemasaran Busana Muslim Anda.
  • Pastikan Anda memiliki proses dan pelatihan di tempat untuk mendapatkan hasil maksimal dari tim Anda.

6. Proses Mewakili Pengalaman Pembelian

  • Proses mewakili pengalaman pembelian yang didapat pelanggan ketika mereka membeli produk atau layanan Anda, seperti cara menyajikan dan menyajikan sebotol anggur di restoran, reaksi bisnis terhadap keluhan, atau kecepatan pengiriman dalam suatu outlet makanan cepat saji.
  • Proses yang buruk dapat merusak elemen-elemen lain dari bauran pemasaran. Sebagai contoh, maskapai bertarif rendah mungkin menawarkan harga pokok yang sangat kompetitif, tetapi jika harga akhirnya ditambah dengan biaya tambahan seperti biaya bagasi dan biaya administrasi, pelanggan mungkin mulai merasa bahwa mereka telah dimanfaatkan.
  • Cobalah mendokumentasikan proses dan prosedur utama Anda sehingga staf dan pemasok Anda tahu apa yang harus dituju, dan sertakan perincian seperti:
    • prosedur akuntansi dan keuangan
    • kebijakan dan prosedur teknologi informasi.

7. Lingkungan Fisik

  • Lingkungan fisik tempat produk atau layanan Anda dijual dan dikirim dapat memiliki dampak signifikan pada bagaimana pelanggan Anda mengalami bisnis Anda.
  • Lingkungan fisik dapat berupa kualitas perabotan di ruang konsultasi Anda, desain area penerimaan Anda atau situs web.
  • Menciptakan lingkungan fisik yang positif tidak harus mahal – vas penuh bunga segar atau tampilan jendela kreatif dapat membuat perbedaan besar.